Saraf terjepit di leher, yang disebabkan adanya masalah pada bantalan sendi tulang servikal atau tulang leher. Tidak hanya memunculkan rasa nyeri yang sifatnya lokal tapi menjalar. Keterlibataan proses penuaan selanjutnya mengakibatkan rasa sakit. Menjalar hingga tangan, bahu, lengan bahkan tidak menutup kemungkinan mati rasa. Kondisi ini tentunya mengganggu kualitas hidup seseorang, dan tidak menutup kemungkinan berdampak pada karir.

Kebiasaan membungkuk, mengangkat benda berat, berputar, dapat mempengaruhi kesehatan leher. Stress pada ruas tulang servikal yang terjadi terus menerus ini tidak mengherankan jika 2/3 orang di dunia kemudian mengalami nyeri leher. Setidaknya sekali selama hidupnya akibat saraf terjepit.

Tulang servikal atau tulang leher pada tukang belakang terdiri dari 7 ruas, dan dipisahkan oleh bantalan sendi yang berisi gel. Bantalan tulang belakang berfungsi menstabilkan leher serta memungkinkan leher melakukan beberapa gerakan yang diinginkan. Bantalan sendi tulang servikal juga berfungsi sebagai peredam kejut.

Terapi Saraf Terjepit di Leher

Saat bantalan sendi menonjol atau pecah akibat penuaan atau trauma dan inti bantalan menekan saraf tulang belakang. Menyebabkan Anda mengalami nyeri leher, atau kaku leher dimana masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai saraf terjepit di leher. Kondisi ini dapat juga disertai pembengkakan, kelemahan dan nyeri yang menjalar di tulang belakang, lengan, hingga tangan.

Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut sebagai herniated nucleus pulposus (HNP) atau awam menyebutnya sebagai saraf terjepit di leher. Dalam kondisi tertentu masalah nyeri pada tulang leher akibat saraf terjepit dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan penghilang nyeri, termasuk diantaranya acetaminophen, ibuprofen, naproxen dan terapi fisik. Namun jika tidak membuahkan hasil, dokter mungkin menyarankan pasien untuk melakukan pembedahan.

Dalam dunia kedokteran pembedahan pada ruas tulang servikal disebut sebagai discectomy. Tindakan ini dapat dilakukan dokter spesialis bedah saraf, termasuk diantaranya dengan melakukan pengantian bantalan sendi tulang servikal buatan, diikuti prosedur cervical fusion. Hingga saat ini Brain and Spine Bunda Neuro Center, masih menjadi sarana layanan kesetan terbaik yang dapat mengatasi saraf kejepit di leher.

Post Comment