Nyeri merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan dirasakan tubuh. Kondisi ini dapat hadir sementara lalu hilang dalam beberapa waktu, ada juga yang sifatnya menetap hingga beberapa bulan atau tahun tanpa ada perbaikan nyeri. Pada kondisi nyeri seperti ini dokter menyebutnya sebagai nyeri kronik, dan membutuhkan pengobatan untuk mengatasi masalahnya. Seperti halnya pada nyeri neuropatik.

Salah satu jenis nyeri yang ada dan sering terjadi di masyarakat adalah nyeri neuropatik. Nyeri ini digambarkan dengan nyeri yang menyiksa dengan gejala utama berupa nyeri yang menusuk dan seperti terbakar. Rasa sakit yang muncul bisa semantara atau bahkan menetap hingga beberapa waktu. Nyeri ini hadir karena adanya kerusakan pada saraf tertentu atau kegagalan fungsi dari saraf. Dampak yang paling umum dari terjadinya kerusakan saraf adalah berubahnya fungsi dari saraf tersbut di lokasi yang terjadi kerusakan atau disekelilingnya.

Jenis, penyebab dan gejala nyeri neuropatik

Salah satu jenis nyeri neuropatik adalah phantom limb syndrome. Yang menarik dari phantom limb syndrome adalah penderita yang umumnya pernah mengalami kecelakaan dan haru sdilakukan amputasi baik pada bagian kaki atau tangganya. Namun safar di otak masih bisa mengirimkan impuls dari bagian tubuh yang sudah diamputasi tersebut. Sayangnya saraf ini dapat mengirimkan impuls berupa rasa sakit yang menyebabkan gangguan pada penderitanya.

Nyeri neuropati sering tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Tetapi beberapa kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya nyeri neuropatik, diantaranya;

  1. Alkoholisme
  2. Pasien pernah mengalami amputasi
  3. Pasien kemoterapi
  4. Diabetes mellitus
  5. Penderita infeksi HIV atau AIDS
  6. Multiple myeloma
  7. Multiple sclerosis
  8. Pasien dengan arthiritis tulang belakang
  9. Penderita sipilis
  10. Penderita gangguan tiroid
  11. Riwayat operasi tulang belakang.

Selain nyeri yang menusuk dan rasa seperti terbakar, pasien dengan nyeri neuropatik sering mengalami kesemutan hingga mati rasa. Untuk menetukan diagnosis nyeri neuropatik selain pemeriksaan fisik dan mengetahui riwayat kesehatan pasien dari wawancara. Dokter mungkin akan menganjurkan beberapa pemeriksaan saraf dan juga test darah. Silahkan hubungi Brain and Spine Bunda Neuro Center untuk informasi lebih lanjut.