Anterior cervical discectomy and fusion (ACDF) atau operasi ACDF merupakan prosedur pembedahan untuk mengatasi herniasi bantalan sendi. Atau degenerasi bantalan sendi di daerah leher pasien. Tujuan tindakan ini adalah untuk menghilangkan bantalan sendi yang menekan saraf tulang belakang. Umumnya daerah leher atau cervical, dengan cara melakukan sayatan pada tengorokan pasien. Selanjutnya bone graft di masukan pada lokasi bantalan sendi yang diangkat, dan diperkuat dengan plat tembaga hang ditanamkan ke tulang leher pasien. Tindakan ini merupakan opsi yang diambil seorang dokter bedah saraf ketika terapi konvensional atau rehabilitasi gagal mengatasi masalah saraf terjepit yang dialami pasien. Tindakan operasi ACDF membutuhkan perawatan sekitar 1-2 hari di rumah sakit.

Dikatakan oleh Dr. Heri Aminuddin SpBS, disectomy secara medis diartikan sebagai mengambil bantalan sendi keluar. Tindakan ini dapat dilakukan diseluruh bagian tulang belakang. Dari tulang belakang servikal hingga tulang belakang lumbar. Dokter spesialis bedah saraf akan mengambil bantalan sendi yang rusak tersebut melalui bagian depan (anterior). Tentunya perlahan dengan menyingkirkan otot, trakea, dan juga esophagus. Anterior dipilih karena lebih memudahkan dokter bedah saraf dibandingkan dengan melalui bagian belakang pasien (posterior).

Bone graft dapat bersumber dari pasien sendiri (autograft bone)seperti berasal dari iliac crest (pinggul). Pengambilan tulang ini dilakukan bersamaan dengan tindakan ACDF. Dapat juga diambil dari pendonor (allograft bone) biasanya adalah cadaver. Untuk informasi lebih lanjut terkait tindakan operasi ACDF ini silahkan menghubungi kontak kami.